Memilih jurusan di perguruan tinggi adalah langkah penting dalam
membentuk karir dan minat pribadi. Bagi saya, memilih Ilmu Komunikasi di
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bukan hanya sebuah keputusan, melainkan
sebuah perjalanan menggali potensi dan passion. Dalam tulisan ini, mari kita eksplorasi
keunggulan dari jurusan Ilmu Komunikasi di UMM yang membuat jurusan Ilmu
Komunikasi UMM menjadi pilihan saya.
1. Terakreditasi Internasional
Jurusan Ilmu Komunikasi UMM telah meraih akreditasi internasional resmi dari FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) yang berbasis di Jerman. Akreditasi ini menegaskan kualitas program studi tersebut memiliki standar internasional.
2. Terakreditasi A dari BAN PT
Program Studi Ilmu Komunikasi di UMM telah mempertahankan predikat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sebanyak tiga kali berturut-turut sejak tahun 2009. Tidak hanya itu, Program studi ini telah memperoleh sertifikasi AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) sejak tahun 2021.
3. Peminatan yang Beragam
Berdiri sejak tahun 1986, Ilmu Komunikasi UMM menawarkan tiga peminatan menarik, yaitu Public Relation & Creative Branding, Content Creation & Journalism, serta Creative Audio Visual & Communication. Mahasiswa dapat memilih sesuai minat dan bakat mereka.
4. Kurikulum berbasis luaran (Outcome Based Education/ OBE)
Kurikulum OBE diterapkan optimal melalui muatan praktikum yang
menggandeng mitra dari dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja. Creative
project juga akan mendapatkan pengakuan publik, sementara mahasiswa juga akan
didorong untuk mengatasi persoalan nyata di masyarakat dan industri.
Sistem kurikulum ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan program studi mereka melalui jalur karya kreatif, selain dari jalur skripsi. Jalur karya kreatif ini dapat menjadi kelanjutan dari pengalaman praktikum sebelumnya.
5. Memiliki Program Unggulan (CoE-SCDC)
Sejak tahun 2022, Komunikasi UMM telah meluncurkan Center of Excellence (CoE) yang dikenal sebagai School of Creative Digital Communication (SCDC). Program dari CoE ini adalah jalur khusus MBKM yang tersedia bagi mahasiswa semester lima. Program ini memungkinkan mereka mengikuti kelas khusus bersama mitra industri, yang kemudian diikuti dengan magang pada semester berikutnya.
6. Fasilitas dan Laboratorium Modern.
Jurusan ini menawarkan fasilitas dan laboratorium yang dilengkapi
dengan teknologi terkini. Dengan adanya peralatan modern, mahasiswa dapat
terlibat dalam pengalaman praktis dan simulasi yang mirip dengan situasi di
lapangan.
Dengan kombinasi semua keunggulan ini, Jurusan Ilmu Komunikasi di
UMM tidak hanya menawarkan pendidikan berkualitas, tetapi juga memberikan
kesempatan untuk membuat karya kreatif dan mengembangkan diri dalam industri
komunikasi yang dinamis. Bagi saya, ini adalah pilihan yang memantik passion
dan membentuk landasan kokoh untuk karir di dunia komunikasi.
Komentar
Posting Komentar